|

Mengembangkan Kursus Online Untuk Semua Gaya Belajar

Banyak siswa menjadi frustrasi ketika mereka dihadapkan dengan kursus online yang sebagian besar terdiri dari teks dan gambar sesekali. Jenis “flat” semacam ini dapat bekerja dengan baik dengan pembelajar verbal, tetapi siswa yang memiliki gaya belajar lain mungkin merasa belajar dalam lingkungan semacam ini sulit. Namun, dengan sedikit kreativitas, instruktur dapat membuat kelas yang bekerja dengan sebagian besar gaya belajar, membuat kursus online lebih mudah dicapai.

Pembelajar Visual

Pembelajar visual sering belajar ketika mereka memiliki akses ke alat bantu visual di kelas online, bukan hanya membaca teks. Jelas, cara untuk memerangi ini sebagai pendidik online adalah dengan memasukkan grafik, gambar, dan sebagainya dalam pelajaran, pengumuman, dan forum (mengingat bahwa gambar-gambar ini harus sesuai dengan persyaratan). Namun, ada banyak lagi yang dapat Anda lakukan untuk membantu pelajar visual di kelas Anda :

  • Setelah sambutan singkat, mulailah pengumuman Anda dengan serangkaian instruksi berpoin dan daftar tugas. Ini membantu pelajar visual “melihat” apa yang jatuh tempo setiap minggu daripada harus membaca penjelasan panjang tentang persyaratan mingguan.
  • Di arah tugas Anda, gunakan poin-poin untuk memberikan instruksi langkah demi langkah untuk tugas pertama.
  • Pilihan lain adalah memposting presentasi PowerPoint yang memberikan gambar visual dari setiap langkah tugas, jika itu memungkinkan. Selain itu, selalu unggah contoh tugas Anda yang. Dengan cara ini, pelajar visual dapat memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang seharusnya dilakukan. Contoh tugas juga membantu semua siswa Anda.
  • Buat sebuah forum di mana siswa menguraikan pembacaan dan / atau tugas dan memungkinkan mereka untuk memberi warna pada garis besar mereka, jika memungkinkan. Ini sering membantu peserta didik visual mengatur pemikiran mereka dan membantu mereka memahami poin utama dari bacaan atau tugas.

Pembelajar Sosial

Karena pelajar sosial senang bekerja dengan orang lain, siswa ini dapat merasa terisolasi ketika mengambil kursus online. Berikut adalah beberapa cara untuk menjangkau siswa pembelajaran sosial Anda:

  • Buat forum pengantar di mana siswa saling mengenal, sebagai lawan untuk membuat posting individu. Misalnya, mintalah siswa pertama yang menanggapi postingan, akhiri tulisan mereka dengan pertanyaan untuk siswa berikutnya. Siswa itu menjawab pertanyaan dan kemudian mengajukan pertanyaan untuk siswa berikutnya yang memposting — dan seterusnya. Kegiatan semacam ini dapat menyatukan siswa karena mereka bekerja sebagai sebuah kelompok, bukannya memposting secara terpisah.
  • Menggunakan ide single-threaded lagi, kembangkan kegiatan di mana siswa harus memenuhi tugas bersama. Sebagai contoh, dalam kursus menulis kreatif, posting “cerita”, yang harus disumbangkan oleh masing-masing siswa, sehingga menciptakan “cerita kelas.” 
  • Manfaatkan ruang pertemuan LMS yang sinkron, misalnya, Adobe Acrobat untuk Sakai atau Wimba untuk Blackboard. Jika LMS Anda tidak memiliki kemampuan ini, ada banyak ruang pertemuan online berbasis web yang tersedia, misalnya, Zoom, yang memberikan sesi sinkronisasi 40 menit gratis. 

Pembelajar Auditori

Untuk peserta didik ini, ruang kelas daring yang hanya terdiri dari teks bisa tampak suram. Ada beberapa solusi sederhana untuk ini:

  • Buat kelas “kuliah” menggunakan QuickTime, dan unggah kuliah ke YouTube. Melakukan ini memenuhi persyaratan ADA karena YouTube membuat teks tertutup. Bonus tambahan dengan menggunakan YouTube adalah bahwa video dapat disematkan dengan mengeklik “bagikan” dan “sematkan” setelah video ditayangkan. Pengkodean HTML dapat disalin dan disematkan di kelas online dengan mengklik ikon HTML.
  • Dalam kursus-kursus ini, tawarkan “telur paskah.” Yaitu, di dalam video, menyebutkan tugas kredit ekstra atau tugas yang menyenangkan. Dengan cara ini, siswa lebih cenderung menonton video yang Anda buat, itu membuat belajar di dalam kelas menyenangkan bagi siswa, dan itu membantu Anda menemukan siapa yang sebenarnya mendengarkan pelajaran Anda.

Pembelajar Kinestetik

Pembelajar ini bekerja paling baik ketika menyelesaikan kegiatan langsung. Untuk pelajar fisik atau kinestetik, cobalah yang berikut:

  • Buat video online yang menunjukkan kepada siswa cara menavigasi kelas dan menyelesaikan tugas menggunakan opsi “Perekaman Layar Baru” di QuickTime. Dalam video Anda, beri tahu siswa untuk mengikuti Anda di kelas.
  • Berikan opsi berbeda untuk penugasan bertingkat. Jangan hanya fokus pada esai atau proyek tertulis. Sebagai gantinya, ganti tugas tertulis dengan pidato auditori / video. Contoh lain adalah meminta siswa membuat respons forum audio atau video. Menggunakan tugas yang beragam memungkinkan mereka yang memiliki kekuatan berbeda untuk menunjukkan tujuan kelas. Ini juga bisa berguna bagi mereka yang memiliki waktu lebih mudah menjelaskan secara verbal pandangan mereka, daripada menulis tentang konsep kursus.

Membuat kursus yang memungkinkan akses ke semua gaya belajar membutuhkan waktu dan sedikit kreativitas.

Similar Posts