Progress Pelatihan

0% Materi

Deskripsi

WHY INBOUND MARKETING ? Sebelum memahami mengapa Inbound Marketing mengubah cara dunia melakukan bisnis, mari kita berpikir sejenak tentang pemasaran tradisional. Dalam pemasaran tradisional, perusahaan fokus pada pencarian pelanggan. Umumnya, mereka menggunakan teknik interupsi. Teknik ini bisa apa saja mulai dari panggilan dingin, iklan cetak, iklan TV dan surat sampah. Tetapi teknologi membuat teknik ini kurang efektif dan lebih mahal. Pemasaran tradisional bersifat interruptive dan marketer-centric. Cara tradisional dalam melakukan sesuatu adalah hal yang mudah bagi pemasar, karena mereka dapat mendorong konten di wajah orang kapan pun mereka mau – bahkan ketika pelanggan potensial mereka tidak menginginkannya. Tapi itu bukan pengalaman hebat bagi pelanggan potensial. Inbound Marketing membalikkan model ini, merupakan perubahan mendasar dalam cara kami melakukan bisnis. Inbound Marketing adalah tentang memberdayakan pelanggan potensial (Empowering).

Objektif

  • Memahami Konsep dan Implementasi Inbound Marketing di dunia pemasaran modern. Memahami Strategi Inbound Marketing.
  • Membuat Buyer Personas dan Buyer’s Journey.
  • Mengoptimalkan Situs Web dalam Inbound Marketing.
  • Membuat konten dalam Inbound Marketing.
  • Membuat blog di Inbound Marketing.
  • Mengoptimalkan media sosial dalam Inbound Marketing.
  • Mengoptimalkan Situs Web untuk Laman Landas, CTA, dan Halaman Terima Kasih. Mengoptimalkan eMail dalam Inbound Marketing.
  • Mengelola tim Pemasaran & Penjualan sesuai dengan Inbound Marketing. Mengelola pelanggan sesuai dengan Inbound Marketing.

Topik Bahasan Materi

24 Materi16h

Pentingnya Strategi InBound Marketing?

Di dunia saat ini, pembeli memiliki semua kekuatan. Pikirkan tentang proses yang Anda alami saat terakhir melakukan pembelian. Apakah Anda menelpon seorang tenaga penjualan, meminta untuk membeli? Atau apakah Anda melompat online dan melakukan riset? Saya berani bertaruh Anda melakukan yang terakhir. Sudah waktunya bagi Anda untuk mendukung proses pembelian itu. Sudah waktunya bagi Anda untuk bergabung dan memberdayakan pelanggan potensial Anda untuk membuat keputusan yang tepat untuk diri mereka sendiri. Jadi, bagaimana sebenarnya InBound Marketing ?
Pengantar Strategi InBound Marketing
Konsep dan Strategi InBound Marketing00:5:11
Latihan Mandiri
Diskusi Strategi InBound Marketing

Optimasi Situs Web Dalam Mesin Pencari (SEO)?

Optimisasi mesin pencari, atau SEO, adalah proses meningkatkan situs web Anda sehingga menarik lebih banyak pengunjung dari mesin pencari. Ini merupakan bagian penting dari tahap pertama InBound Marketing. Hal ini dapat membantu Anda menarik orang asing yang mencari konten secara relevan dengan bisnis Anda dari mesin pencari dan mengubahnya menjadi pengunjung baru di situs web Anda. Jadi untuk memahami SEO, mari kita pikirkan tentang bagaimana orang menemukan informasi hari ini. Mesin pencari perlu memberikan jawaban yang paling relevan, bermanfaat, dan dapat dipercaya. Untuk menemukannya, mereka mengirim apa yang dikenal sebagai spider, atau perayap web, untuk merayapi semua halaman di internet, mencari konten itu. Laba-laba itu mencoba mencari tahu tentang setiap halaman. Inilah sebabnya mengapa memiliki fondasi SEO yang solid dan konsisten sangat penting untuk ditemukan melalui mesin pencari. Mereka perlu tahu apa yang Anda coba sampaikan kepada mereka.

Membuat Konten Berkualitas dalam InBound Marketing?

Konten adalah pesan yang disampaikan oleh strategi InBound Marketing Anda. Inilah yang Anda coba sampaikan kepada pengunjung, prospek, pelanggan, dan promotor Anda. Ada banyak cara berbeda untuk menyampaikan pesan itu: blog, email, halaman arahan, media sosial, dan lainnya. Tetapi tanpa konten, tidak ada yang dapat Anda dikirim. Padahal, tanpa konten, internet akan kosong. Pikirkan tentang bagaimana Anda menggunakan internet. Anda pergi ke mesin pencari, mengetik pertanyaan, dan apa yang Anda temukan adalah konten. Konten memiliki pekerjaan yang sangat penting untuk menarik orang dari satu tahap metodologi InBound Marketing ke tahap lainnya. Ini memainkan bagian integral dalam setiap tahap. Konten Anda menarik pengunjung yang tepat ke situs Anda, mengubahnya menjadi arahan, merawat mereka dan membantu menutupnya menjadi pelanggan. Itu juga bagian besar dari apa yang menyenangkan mereka,untuk menjadi promotor. Konten adalah bahan bakar yang mendukung strategi InBound Marketing yang sukses.

Meningkatkan Traffic Visitor dengan Blog?

Hari ini, blogging adalah cara yang efektif untuk secara teratur menerbitkan dan mempromosikan konten baru yang terkait dengan bisnis dan industri Anda. Apa yang akan Anda pelajari di sini adalah blogging bisnis. Dan itu membantu InBound Marketing Anda dalam dua cara. Yakni membantu Anda menarik pengunjung baru, dan membantu Anda mengubah pengunjung tersebut menjadi prospek. Jadi bagaimana cara menarik pengunjung baru? Pikirkan tentang orang asing yang mencari informasi online. Mereka memiliki pertanyaan atau masalah yang ingin mereka selesaikan. Jika posting blog Anda memberikan jawaban itu, orang-orang asing itu akan menemukan posting Anda, dan ingin mengklik dan membacanya, mengubahnya menjadi pengunjung. Ini adalah tahap menarik dari Metodologi Inbound Marketing. Selain itu, setiap kali Anda mempublikasikan posting blog, Anda membuat halaman baru dan unik secara online. Ini berarti bahwa Anda meningkatkan peluang peringkat di hasil pencarian, memiliki tautan situs web lain kepada Anda, dan dibagikan di media sosial. Dan semua ini menghasilkan lalu lintas baru ke situs Anda. Sekarang, bagaimana blog Anda dapat membantu mengubah pengunjung baru tersebut menjadi arahan. Setelah orang mengunjungi situs Anda, Anda membuka pintu untuk mereka. Pikirkan tentang hal ini – jika mereka tertarik pada konten Anda, mereka lebih tertarik pada penawaran Anda dan mengubahnya menjadi prospek.

Kekuatan Konten Sosial Media?

Platform media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, YouTube, dan lainnya, membantu mendapatkan konten Anda di depan orang yang tepat dan menyebarkan berita tentang bisnis Anda. Ini dapat membantu meningkatkan jumlah orang yang melihat konten Anda dan mengunjungi situs web Anda, dengan mengoptimalkan jangkauan dan kesadaran Anda. Jadi, penting bagi Anda untuk melibatkan audiens Anda dengan membagikan konten luar biasa yang relevan dan menambah nilai. Ingatlah bahwa konsistensi adalah kunci untuk mempertahankan audiens yang aktif. Anda ingin audiens yang tidak bisa menjauh dan ingin mengundang jaringan teman dan kolega mereka ke aktivitas menarik yang terjadi di akun media sosial Anda.

Interaktifitas Call To Action (CTA)?

CTA adalah tombol yang mempromosikan penawaran dan tautan ke halaman arahan. CTA dapat ditempatkan di halaman situs web Anda, blog Anda, dan di email Anda. Karena mereka memulai proses konversi, mereka adalah langkah pertama yang penting. Proses konversi biasanya dimulai dengan CTA. Ketika pengunjung mengkliknya, mereka dibawa ke halaman arahan tempat mereka mengisi formulir dengan informasi kontak mereka – mengubahnya menjadi database. Setelah itu, lead diarahkan ke halaman Terima Kasih tempat mereka menerima konten yang ditawarkan.

Memaksimalkan Landing Page?

Halaman arahan (Landing Page) pada dasarnya adalah halaman situs web yang dirancang untuk mengubah pengunjung menjadi arahan. Pikirkan halaman arahan Anda sebagai tenaga penjualan digital yang mengumpulkan informasi tentang pelanggan potensial. Hal yang hebat tentang tenaga penjualan digital ini adalah mereka bekerja 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Mengumpulkan informasi tentang pengunjung situs web Anda memungkinkan Anda membangun hubungan dengan prospek Anda, sehingga perwakilan penjualan Anda yang sebenarnya dapat fokus pada kontak yang paling berkualitas. Jadi pada titik ini Anda mungkin bertanya pada diri sendiri, bagaimana cara mengubah pengunjung menjadi arahan? Bagaimana halaman arahan mengumpulkan informasi tentang pengunjung situs saya?

Optimalisasi Thank You Page?

Thank You Page adalah tempat yang tepat untuk menambah nilai pada hubungan Anda dengan pelanggan. Apa lagi yang dapat Anda berikan kepada mereka saat ini untuk mengejutkan dan menyenangkan pengunjung Anda? Sesuatu yang berharga dan tidak terduga dapat sangat membantu memberikan cahaya yang hangat dan membahagiakan, ingatan yang mungkin membuatnya sedikit lebih mungkin mereka akan membuka email berikutnya dari Anda, mengklik penawaran khusus Anda, atau angkat telepon untuk berbicara dengan tenaga penjual Anda. Beri mereka tautan ke salah satu artikel blog Anda yang paling populer. Atau beri mereka tautan ke unduhan tambahan yang melengkapi unduhan yang baru saja mereka daftarkan. Sekalipun itu adalah sesuatu yang kecil, sedikit tambahan yang tidak mereka duga dapat sangat bermanfaat.

eMail Marketing Yang Tepat?

Pertama-tama, banyak orang percaya bahwa pemasaran Email berarti SPAM. Sekarang, agar adil, 70% dari semua email yang dikirim dikategorikan sebagai spam. Dan beberapa di antaranya dikirim oleh pemasar, yang membeli daftar dan mengirim ledakan email tanpa akhir kepada orang-orang yang tidak ingin mendengar kabar dari mereka. Orang-orang juga percaya bahwa pemasaran email adalah hal yang kuno. Email telah ada selamanya, dan orang-orang sudah mulai bertanya-tanya apakah email masih berharga. Bukankah email seperti iklan banner? Belum pernahkah orang belajar menyetel email? Dengan teknologi baru yang keluar setiap hari, sepertinya email sedang dalam perjalanan InBound Marketing. Jadi, saya ingin membuat satu hal yang sangat jelas: email masih merupakan bagian penting dari pemasaran. Ketika sampai di situ, fungsi utama email adalah untuk memelihara prospek Anda menjadi pelanggan. Mengasuh adalah semua tentang mengirim email yang tepat ke audiens yang tepat pada waktu yang tepat.

Kekuatan SMARKETING?

Smarketing adalah komponen kunci keberhasilan InBound Marketing karena lokasinya dalam metodologi ini. Secara khusus, titik pada fase penutupan di mana pemasaran paling efektif menyerahkan kualifikasi yang mengarah ke penjualan, sehingga mereka dapat ditutup menjadi pelanggan. Tanpa pemasaran, sejumlah besar prospek Anda akan layu dan tidak pernah menjadi pelanggan. Apa itu smarketing? Smarketing adalah proses menyelaraskan tim pemasaran dan penjualan untuk tujuan bersama dalam bisnis atau organisasi, dengan tujuan meningkatkan pendapatan.

Proses Penjualan dalam InBound Marketing?

Penjualan dalam InBound Marketing adalah metodologi penjualan yang memprioritaskan kebutuhan, tantangan, sasaran, dan minat pembeli individu. Alih-alih berfokus pada penutupan penjualan sesegera mungkin, staf penjualan bekerja untuk menemui konsumen di mana mereka berada dan kemudian membimbing – bukan mendorong – mereka melalui proses pengambilan keputusan. Dengan menganalisis perilaku digital pembeli selama tahap awarness dan consideration dalam user journey, tenaga penjualan yang cerdas akan dapat membuat pendekatan penjualan yang dipersonalisasi dan membantu untuk setiap individu. Pada akhirnya, waktu dan perhatian ekstra yang Anda berikan untuk mendidik prospek Anda akan meningkatkan kemungkinan Anda mengubahnya menjadi pelanggan jangka panjang yang sukses.

Meningkatkan Kesenangan Pelanggan?

Menyenangkan pelanggan Anda adalah tahap kritis untuk InBound Marketing karena ini adalah cara bagi Anda untuk membawa pelanggan tersebut dan mentransisikannya menjadi promotor. Dengan berusaha keras untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang berkesan – dengan hal-hal seperti diskon, hadiah, atau promosi – Anda dapat menumbuhkan hubungan emosional dan rasa niat baik di antara pelanggan yang akan membuat mereka lebih cenderung setia pada merek Anda. Delight adalah tentang memberikan pengalaman yang luar biasa kepada pengguna dengan berfokus pada kebutuhan, minat, dan keinginan mereka. Tujuan kegembiraan adalah membuat orang-orang ini begitu puas dan bahagia sehingga mereka keluar dan menyanyikan pujian atas merek Anda.

Instruktur

4.94 (18 ratings)

38 Courses

121 students

Rp 799.000

Materi

  • Sertifikat Digital.
  • Video materi training.
  • eBook materi training.
  • Softcopy dan Template File.
  • Pendampingan dalam latihan.
  • Diskusi dan Studi Kasus.
  • Bebas akses selamanya.

Prasyarat

  • Materi berbahasa Indonesia.
  • Kemampuan dasar komputer.
  • Koneksi dan Browser Internet.
  • PC/Laptop/Tablet PC/Smartphone dengan fitur Camera, Microphone, dan Speaker untuk Virtual Meeting.

Target Peserta

  • Profesional level staff, senior staff, supervisor, assistant manager, hingga manager dari departemen Marketing atau Sales.
  • Anda yang ingin berkarir dibidang Marketing atau Sales pada jabatan tersebut diatas.